Kelebihan Investasi P2P Lending Serta Rekomendasi Platform Terbaiknya

Masyarakat modern memiliki banyak pilihan dalam mengelola keuangan mereka. Selain menabung, masyarakat modern lebih memilih untuk melakukan investasi. Investasi yang mereka lakukan dapat berupa emas, saham, properti dan deposito. Seiring dengan berjalannya waktu, kita dapat menemukan jenis investasi baru yang dikenal dengan nama investasi p2p lending. Sistem keuangan ini menjadi alternatif investasi terbaru guna mendapatkan dana pinjaman usaha.

Di Indonesia sendiri, industri investasi berbasis internet ini sedang mengalami perkembangan yang cukup tinggi. Pelaku UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan fokus utama dari sistem keuangan Peer to Peer. Tak mengherankan jika pelaku UKM tersebut akan diberikan kemudahan dalam melakukan pinjaman dana. Mereka juga tidak akan dikenakan bunga pinjaman yang besar ketika melakukan pinjaman dana.

Secara garis besar, Peer to Peer Lending adalah layanan usaha keuangan yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman dengan memanfaatkan jaringan internet. Layanan jasa keuangan tersebut memiliki badan hukum yang mengoperasikan, mengelola dan menyediakan layanan pinjam meminjam. Karena dibuat untuk memberikan dampak bagi keuangan para pelaku usaha, sistem keuangan yang dilindungi oleh badan hukum ini tentunya memiliki manfaat bagi mereka yang terlibat. Untuk mengetahui manfaatnya, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Manfaat bagi peminjam adalah mendorong inklusi keuangan, proses peminjam dana yang cepat, suku bunga pinjaman yang rendah dari suku bungan bank dan merupakan alternatif pinjaman bagi peminjam tak layak kredit. Karena merupakan pinjaman tanpa agunan, peminjam tidak perlu memberikan jaminan ketika akan melakukan pinjaman.
  2. Untuk investor, mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dan resiko investasi yang rendah. Investor bahkan dapat memilih peminjam yang berhak mendapatkan pendanaan dari uang yang diinvestasikan. Suku bunga dari peminjam memiliki nilai yang signifikan. Karena itulah, investor akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.
  3. Manfaat bagi perbankan adalah dapat mengurangi biaya kredit, sebagai alternatif investasi bagi perbankan, menambah DPK dan penambahan chanel penyaluran kredit.

Meskipun memberikan manfaat bagi peminjam, investor dan perbankan, investasi p2p lending ternyata juga menyebabkan beberapa resiko. Untuk peminjam misalnya, suku bunga dapat melonjak naik ketika kelayakan kredit peminjam mengalami kejatuhan. Peminjam yang telat membayarkan pinjamannya, mereka diharuskan untuk mengganti dengan dana yang sangat tinggi. Karena pinjaman diperuntukan dalam waktu yang singkat, tagihan peminjam akan merangkak naik ketika pinjaman dilakukan dalam waktu yang panjang.

Untuk pendananya sendiri, pendana tidak dapat melakukan penarikan uang dengan seenaknya sendiri. Selain tidak memiliki kebebasan dalam melakukan penarikan uang, pendana dapat kehilangan uang yang diinvestasikan ketika peminjam tak sanggup mengembalikan dana yang mereka pinjam. Untuk mengurangi resiko tersebut, Amartha menjadi pilihan kita untuk berinvestasi dan melakukan pinjaman dana.

Sebagai marketplace lending yang menyediakan layanan aman untuk berinvestasi, Amartha mencoba menjawab keraguan masyarakat untuk melakukan investasi.

Menggunakan platform investasi p2p lending berbasis digital, Amartha hadir untuk menjadi jembatan bagi investor (pemodal) dengan borrower (peminjam) yang belum memiliki akses layanan keuangan.

Keuntungan Investasi P2P Lending di Amartha

Layanan keuangan bagi UMKM yang disediakan oleh Amartha perlahan mulai menghilangkan stigma pedesaan yang terkesan tertinggal dari perkotaan. Simplenya, hal ini akan semakin memakmurkan rakyat Indonesia.

Tentunya semua berkat dana investor yang dipercayakan untuk disalurkan oleh Amartha. Lantas, keuntungan apa yang didapatkan dan mengapa investor harus berinvestasi di Amartha?

  1. Investasi Mudah, Aman, Ringan, dan Menguntungkan

Amartha merupakan perusahaan investasi yang mudah serta menguntungkan hal ini tergambar dari NOL persen gagal bayar. Kemudian ditambah lagi dengan tidak perlu modal yang besar untuk menjadi investor di Amartha dengan modal mulai dari 3 juta rupiah.

  1. Investasi Pendorong Usaha Mikro dan Kecil

Ekonomi inklusif bukanlah jargon, tapi memang kami aktualisasikan secara nyata. Hal ini tergambar dari investasi yang kami salurkan kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan yang kemudian kami bimbing bersama untuk memajukan usaha dan ekonomi inklusif.

  1. Telah Melayani Lebih dari 145 Ribu Pengusaha Mikro Dengan NPL 0%

Amartha telah berdiri sekurangnya 8 tahun, yang dimulai dari pendekatan kekeluargaan. Hal inilah yang menjadi nilai lebih amartha, meskipun telah melayani lebih dari 25.000 mitra usaha namun kualitas tidak Amartha lupakan.

  1. Investasi Melalui Marketplace

Berbekal teknologi dan platform yang canggih, layanan investasi p2p lending di Amartha terus berkembang guna memberikan pengalaman investasi yang aman dan nyaman melalui marketplace. Di Marketplace, investor bisa memantau investasi sekaligus perkembangan usaha mitra secara realtime.

  1. Risiko Kredit Terukur Dengan Machine Learning

Tidak semua investor maupun mitra usaha dapat terdaftar di platform Amartha. Amartha memiliki standar khusus yang uniknya di mana semua investor dan mitra usaha diseleksi dengan kecanggihan machine learning dan sistem tanya jawab yang dikembangkan tim internal Amartha.

  1. Pelajari dan Danai Mitra Usaha

Selayaknya sistem marketplace, Amartha bukan saja membantu pengelolaan dana investasi saja melainkan investor dapat mempelajari jenis usaha mitra, kredit skor, hingga keuntungan yang ingin di dapatkan.

  1. Investasi Mulai Dari 3 Juta Rupiah

Amartha tidak mempersulit para investor pemula, untuk itulah kami bukan saja membantu membangun profil yang tersistem namun juga memudahkan para investor agar terbiasa berinvestasi sejak dini. Hal ini kami wujudkan dengan produk investasi mulai dari 3 juta rupiah saja.

  1. Return Hingga 15% Flat Per Tahun

Dikelola secara sistematis, investor akan terbantu lewat sistem maupun dapat berkonsultasi dengan tim Amartha. Di samping itu keberadaan pelatihan yang kami berikan secara rutin untuk menambah pengetahuan pengusaha mikro di pedesaan jelas akan berdampak pada keuntungan Anda sebagai investor, salah satunya adalah return sampai 15% flat per tahun.

Hadirnya Amartha di tengan persaingan global yang semakin masih tentunya akan membantu produk UMKM agar tidak kalah bersaing dengan industri di negara lain.

Bagaimana, menguntungkan bukan investasi p2p lending di Amartha? Dapatkan kesempatan Anda segera!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *